Latar Belakang

Untuk mencapai terciptanya pembangunan yang berkelanjutan, diperlukan inovasi yang terus menerus dalam aspek secara sosial, ekonomi dan lingkungan. Penguatan inovasi dalam bidang sain dan teknologi sangat diperlukan dalam mencapai hal tersebut. Dalam bidang akademik, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan tinggi. Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya setiap tahunnya telah melakukan berbagai penelitian khususnya di bidang Sains dan Engineering untuk pengembangan ilmu dan cukup banyak temuan tersebut diterapkan sebagai bagian dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Hasil dari kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat dirasa perlu untuk dipublikasikan agar nilai kebermanfaatnya dapat lebih dikenal masyarakat baik antar akademisi.

Kegiatan Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat AVoER merupakan wadah untuk mendiskusikan hasil-hasil penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh para akademisi dan praktisi dari berbagai bidang sains, teknologi, dan lingkungan untuk mendukung pembangunan masyarakat yang berkelanjutan. Forum ini merupakan ajang pertemuan komunikasi dan informasi untuk membahas perkembangan ilmu pengetahuan dalam bidang sains, teknologi, dan lingkungan dan penerapannya kepada kehidupan masyarakat. Lebih lanjut, forum ini juga merupakan ajang para akademisi dan praktisi untuk melakukan kajian terhadap kebijakan, perencanaan, pengelolaan pada bidang sain dan teknologi dalam mendukung pembangunan yang berkelanjutan.

Kegiatan ini bernama Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat AVoER 9 yang dilaksanakan selama satu hari pada tanggal 29 November 2017. Tema kegiatan adalah: "Penguatan Inovasi dalam Sains dan Teknologi".